Bingung Menghadapi Toxic Parents? Lakukan 5 Tips Ini

Halo, Alpas Fellas! Kita semua pasti setuju bahwa orang tua memiliki peran yang besar dalam hidup setiap individu. Seperti memberi dukungan baik finansial maupun emosional atau menjadi teman diskusi bagi kita dalam menentukan pilihan-pilihan hidup. Namun, tidak semua dari kita bisa merasakan hal tersebut. 

Mungkin dari beberapa teman kita, atau bahkan Alpas Fellas sendiri, merasa memiliki orang tua yang tidak mendukung perkembangan diri anak. Contoh lainnya seperti mengontrol perilaku anak secara berlebihan dan tidak menghargai prestasi anak. Memiliki orang tua yang toxic mungkin dapat membuat kita merasa lelah dan tidak berharga. Namun, kita tentunya bisa menghadapi situasi ini dengan lebih bijak dan tidak membiarkan perilaku orang tua mendefinisikan diri kita sendiri. Nah, bagaimana sih cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi toxic parents? 

 

 

Berhenti berusaha memuaskan keinginan orang tua kita

Menjalankan hidup sesuai dengan nilai dan tujuan dari orang lain tentunya melelahkan. Coba untuk tentukan nilai dan tujuan dari hidupmu sendiri dan berusaha untuk mencapainya. Kamu berhak, kok, untuk membuat keputusan mengenai hidupmu sendiri, Fellas!

Jangan berusaha untuk mengubah mereka

 

Tidak mudah untuk mengubah orang yang tidak menginginkan perubahan. Sebaiknya, fokuskan saja energi kita pada bagaimana harus merespons dan menghadapi perilaku orang tua.

 

Menciptakan batasan

 

Buat batasan-batasan tentang hal-hal yang dapat kamu terima dan tidak dapat kamu terima. Ingat, hubungan yang sehat adalah hubungan yang penuh dengan rasa saling menghargai!

 

Hindari perdebatan dengan mereka

 

Berusaha menjelaskan pandangan kita kepada individu yang berpikiran tidak sejalan dan tidak menghargai pendapat orang lain adalah hal yang melelahkan. Sampaikan pendapatmu dengan asertif dan jangan terpancing untuk berdebat dengan mereka.

 

Take care of yourself!

 

Menghadapi orang tua yang toxic bisa sangat melelahkan. Pastikan kamu memiliki waktu untuk menjaga kondisi dirimu sendiri. Kamu bisa melakukan tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, dan membangun hubungan baik dengan orang-orang yang positif!

 

Orang tua memang memiliki peranan yang sangat besar dalam hidup kita. Namun, kita juga perlu mengerti bagaimana menjaga diri dari orang-orang yang membawa energi negatif dalam diri. Apabila merasakan beban yang besar dari toxic parents, kamu bisa mencari bantuan kepada psikolog atau psikiater untuk mendapat insight baru. Apa saja yang bisa dilakukan dengan kondisi yang terjadi di keluargamu. Dengan begitu Alpas Fellas bisa menghadapi masalah tersebut. You deserve to have a good life, Fellas!

 

 

Ditulis oleh: Olga Meidelina

Referensi

Gaba, S. (2020, Mar 02). 4 Signs you are the child of a toxic parent. Retrieved from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/addiction-and-recovery/202003/4-signs-you-are-the-child-toxic-parent 

Martin, S. (2018, 23 Nov). 10 Tips for dealing with your toxic parents. Retrieved from: https://blogs.psychcentral.com/imperfect/2018/08/10-tips-for-dealing-with-your-toxic-parents/ 

Write a comment