5 Tips Menjadi Caregiver yang Sehat Mental

Merawat orang lain yang membutuhkan bantuan adalah perilaku yang sangat mulia untuk dilakukan. Tetapi, sebelum membantu orang lain pastikan diri kita sudah terbantu dan terjaga. Kenapa ya? Karena, ketika kita tidak merasa dalam kondisi baik, kita juga tidak bisa membantu dengan baik. Bukan hanya fisik yang bisa merasa tidak baik, mental juga juga bisa merasa tidak baik lho, Alpas Fellas. Bagaimana ya caranya untuk menjaga kesehatan mental kita agar tetap baik dan terjaga? Yuk kita lihat tips dibawah ini:

Luangkan waktu untuk dirimu sendiri

Meluangkan waktu untuk dirimu sendiri juga diperlukan lho, Alpas Fellas. Kamu bisa mengerjakan kegiatan yang kamu sukai, liburan, dan hal menyenangkan untukmu lainnya. Hal ini berguna agar mengurangi stres dan mampu melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapi.

Rilekskan tubuh dan pikiran sejenak dari hal-hal yang berat.

Melepaskan pikiran yang mengganggu tentu dibutuhkan oleh seorang caregiver. Jika kamu terus-terusan memendam beban yang ada pada diri dan pikiranmu akan membuat dirimu terbebani. Saat kamu merasa rileks kamu akan kembali bersemangat dalam menjalani tugas sebagai caregiver.

Jangan lupa perhatikan dirimu sendiri. 

Adakalanya kita perlu menyediakan waktu untuk diri sendiri. Ketika kamu sudah memikirkan dirimu sendiri, kamu akan merasa cukup dan bisa kembali untuk membantu orang lain.

Pergi menjauh.

Kalau kamu merasa sudah terlalu lelah, coba deh untuk merencanakan pergi sendiri ke luar kota, ataupun ke suatu tempat yang kamu rasa menenangkan. Coba untuk jalan-jalan dan melupakan sejenak masalah yang ada. Kalau sudah oke, baru deh kembali lagi.

Ikut berkumpul dengan support group

Menyenangkan jika kamu bisa berkumpul dengan orang-orang yang memahami kondisi caregiver. Bersama mereka, kamu bisa belajar dan bertukar pikiran bagaimana caranya menghadapi situasi tertentu terutama bagi mereka yang telah mengalaminya.

Merasa lelah itu wajar Alpas Fellas, yang tidak wajar adalah ketika kita tidak bisa menghargai diri kita sendiri yang seakan sudah berteriak mengatakan lelah. Semoga artikel di atas dapat menjadi salah satu referensi kalian dalam menyehatkan mental ya, Alpas Fellas!

Kalau kamu ingin ikut bertemu dengan para caregiver penyakit kronis, kamu bisa ikut salah satu acara Alpas yang bernama Chronicare. Info lebih lengkapnya silakan klik disini.

 

Ditulis oleh: Lutfia Dyah Ayu

 

Referensi:

Orensky, P. (2017). Caregivers: Caring For Yourself. Diakses dari https://www.healthline.com/health/bipolar-disorder/caregiver-caring-for-yourself#1

Write a comment