Hubunganmu dengan Dia Mulai Tidak Sehat? Kenali Tandanya

Kebanyakan hubungan romantis pasti terasa manis di awal, namun tidak semua hubungan berjalan mulus sesuai harapan. Kebanyakan bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang terjebak di dalam hubungan yang tidak lagi sehat. Tak jarang juga yang sudah menyadari tapi sulit untuk bisa mengakhirinya. Nah, ada baiknya kita tahu apa saja sih tanda-tanda bahwa hubungan yang kamu jalani itu sehat atau tidak. Sehingga kita pun bisa menghindari atau segera keluar dari hubungan tersebut sebelum kamu semakin tersakiti.

Menyerahkan masalah dan tanggung jawab pribadi ke pasangan

Salah satu tanda yang penting untuk diperhatikan adalah apakah pasanganmu seringkali melimpahkan masalah dan tanggung jawabnya. Saat bertengkar bisa saja ia melepas tanggung jawab dan kamu harus menyelesaikan permasalahannya.

Selalu merasa menjadi korban

Pasanganmu bercerita bahwa ia menjadi korban dari perlakuan tidak adil orang-orang disekitarnya. Kenyataannya yang kamu perhatikan tidak seperti itu. Kamu tidak percaya dan pasanganmu bisa saja menyalahkanmu karena tidak dipercaya.

Amarah tidak tepat dan selalu menyalahkan pasangan

Marah adalah salah satu emosi dasar yang dimiliki setiap manusia. Semua orang wajar merasa marah, namun jika tidak dikontrol dengan baik akan muncul perilaku yang tidak tepat. Bersikap dingin kepada pasangan, perilaku pasif agresif atau menyalahkan bisa jadi salah satunya. Rasa marah yang muncul bertujuan membuatmu mengalah dan mengikuti kemauannya.

Menggunakan taktik abusive

Memutarbalikkan kenyataan, serangan verbal, agresi fisik, guilt-tripping, manipulasi secara psikologis merupakan segelintir perilaku tidak sehat dan abusive. Perilaku tersebut sudah ditunjukkan sejak awal berpacaran namun kamu menghiraukannya dan sekarang muncul lebih intens.

Menyebarkan aib tentang pasangan sendiri

Keburukanmu dibagikan di depan teman-temanmu. Meski tidak nyaman, kamu memilih diam. Saat kamu mencoba mengkomunikasikannya, ia malah menganggap kamu terlalu berlebihan dan memperbesar masalah sepele.

Kecenderungan controlling

Kegiatanmu diatur secara spesifik oleh pasanganmu. Mana yang menurut dirinya tepat harus kamu lakukan. Kamu berusaha untuk mengungkapkan bahwa perilaku tersebut mengganggumu, namun ia malah marah kepadamu.

Harus mengikuti apa kata pasangan

Tanda-tanda sebelumnya pada akhirnya memiliki satu kesimpulan : kamu harus mengikuti apa kata pasanganmu. Setiap perbedaan pendapat diartikan oleh pasanganmu sebagai tanda pengkhianatan dan ketidaksetiaan.

 

Jika kamu merasakan bahwa tanda-tanda tersebut, bisa jadi kamu berada di hubungan yang tidak sehat. Ada baiknya, pikirkan kembali apakah hubungan tersebut pantas untuk kamu pertahankan atau kamu lepaskan.

 

Ditulis oleh: Ria Khairunnisa

Sumber Tulisan:

Hammond, C. (2019, April 10). 9 Signs of an Unhealthy Relationship. Diakses di https://pro.psychcentral.com/exhausted-woman/2019/03/9-signs-of-an-unhealthy-relationship/

Write a comment