3 Jenis Eating Disorder yang Perlu Kamu Ketahui

“Aku lagi diet, gak ikut makan-makan bareng dulu ya, guys” Adakah temanmu yang mengatakan demikian saat diajak makan bersama? Sebenarnya apa sih bedanya diet dan gangguan makan?

 

Gangguan makan yang juga dikenal dengan eating disorder adalah gangguan psikologis yang menyebabkan kebiasaan makan menjadi tidak normal. Umumnya, orang percaya bahwa gangguan makan terjadi karena seseorang mempunyai keinginan untuk menjadi kurus. Padahal tidak semua gangguan makan selalu berkaitan dengan mengurangi keinginan untuk makan, tetapi juga kelebihan makan. Selain itu, gangguan makan tidak hanya disebabkan karena motivasi menjadi kurus, namun karena adanya tekanan dari lingkungan yang menyebabkan seseorang merasa stres. Berikut adalah macam-macam eating disorder:

 

  1. Anorexia Nervosa

Gangguan makan ini biasanya ditandai dengan perasaan malu karena merasa bentuk tubuhnya overweight. Padahal, mereka memiliki badan yang sangat kurus. Gangguan ini juga biasanya ditandai dengan menolak makanan atau menahan lapar dengan waktu yang tidak lazim, terlalu banyak melakukan olahraga, dan merasa malu untuk makan di depan orang.

  1. Binge Eating Disorder

Gangguan makan ini merupakan kebalikan dari Anorexia Nervosa. Mereka yang mengalami Anorexia Nervosa sering sekali kehilangan kontrol sehingga mereka makan lebih dari porsi yang seharusnya, bahkan sangat banyak. Mereka juga sering makan dengan porsi banyak meskipun tidak merasa lapar, merasa malu, bahkan membenci diri sendiri karena kebiasaannya tersebut.

  1. Bulimia Nervosa

Bulimia ditandai dengan makan berlebihan seperti Binge Eating Disorder. Letak perbedaannya adalah mereka akan mengeluarkan semua makanan yang telah dimakan dengan cara dimuntahkan, berolahraga secara ekstrim, dan minum obat pencahar.

 

Memilih diet atau tidak dalam memilih pola makan tentunya bukan hal yang salah selagi masih dalam batas wajar. Apalagi jika kamu memilih untuk mencoba hidup sehat dengan memilih makanan yang ramah untuk tubuh. Jika ternyata pola makanmu sudah mengganggu keseharian dan psikologismu, lebih baik segera berkonsultasi ke psikolog ya, Fellas.

 

 

Ditulis oleh: Rifky Zacharis D

 

Sumber:

James, D. (2018, Jul 8). The Psychology of Eating Disorders. Retrieved from: https://psychcentral.com/blog/the-psychology-of-eating-disorders/

Muhlheim, L. (2018, February 15). An Overview of Eating Disorders. Retrieved from: https://www.verywellmind.com/eating-disorders-4157252

 

Write a comment