Memiliki Hewan Peliharaan Ternyata Bagus untuk Kesehatan Mental, Lho

Adakah diantara kamu yang mempunyai hewan peliharaan? Kucing, anjing, burung, atau kelinci biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang ingin punya hewan peliharaan. Perawatannya pun masih tergolong murah dan tidak rumit.

Hewan dan manusia telah lama dikenal memiliki ikatan emosional yang kuat, Alpas Fellas. Tetapi bukti secara ilmiah mengenai ikatan emosional ini baru pertama kali diterbitkan sejak 30 tahun lalu. Alan Beck, seorang psikologi dari Universitas Purdue, dan seorang psikiater dari Universitas Pennsylvania, Aaron Katcher, telah melakukan penelitian untuk mengukur apa yang terjadi secara fisik dan psikis ketika seseorang memelihara hewan peliharaan.

Hasilnya penelitian tersebut melaporkan bahwa tekanan darah bagi mereka yang mempunyai hewan peliharaan dapat menurun. Selain itu detak jantung cenderung stabil, pernapasan menjadi lebih teratur, dan otot menjadi rileks. Kesemua ciri tersebut merupakan tanda-tanda berkurangnya stres dalam diri seseorang.

Dalam penelitian yang berbeda, Journal of Psychosomatic Medicine menyebutkan bahwa adanya perubahan kimia dalam darah yang menunjukkan berkurangnya hormon yang berkaitan dengan stres. Hal ini ditunjukkan jika kamu berinteraksi dengan hewan peliharaan selama 5-24 menit, efek ini bahkan lebih cepat daripada meminum obat.

Selain itu, hasil studi yang dilakukan pada 5741 orang di Melobourne, Australia, menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mentalmu tapi juga meningkatkan kualitas hidup, memperpanjang usia kehidupan, mengurangi tingkat depresi, dan kecemasan.

Seseorang yang kurang mendapat dukungan sosial secara baik di lingkungannya pun terbantu dengan adanya hewan peliharaan. Saat ikatan dengan keluarga merenggang, khususnya para lansia, berisiko menjadi kesepian, merasa terisolasi, dan tertekan. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan empat kali lebih tertekan dan stres daripada mereka yang mempunyai kucing atau anjing di tempat tinggalnya.

Mempunyai hewan peliharaan memang menyenangkan ya, Alpas Fellas. Mulai dari hewan yang lucu dan menggemaskan, sampai hewan yang gagah dan besar. Namun, jika kamu berencana untuk mengadopsi hewan peliharaan, jangan lupa untuk memperhatikan makanan dan kesehatannya, ya.

 

Ditulis oleh: Fathin Nibras

 

Sumber:

Badshaw, J. (2012, Nov 19). The Bond Between Pet And Owner. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/pets-and-their-people/201211/the-bond-between-pet-and-owner

Coren, S. (2009, June 07). Health and Psychological Benefits of Bonding with a Pet Dog. Retrieved from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/canine-corner/200906/health-and-psychological-benefits-bonding-pet-dog

Write a comment