Tentang Hari Ibu dan Bagaimana Kita Menghadapi Duka

Hai Alpas Fellas! Seperti yang sudah secara umum diketahui, tanggal 22 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ibu. Di hari ini, setiap orang akan berlomba-lomba untuk menunjukkan rasa sayangnya terhadap ibu mereka. Walaupun hal tersebut dapat dilakukan setiap hari, namun di hari ini terasa lebih spesial. Biasanya para anak akan memberikan hadiah atau sekadar meluangkan waktu untuk quality time sambil memberikan ucapan.

Sayangnya untuk beberapa orang yang sudah tidak memiliki atau tidak bisa bertemu dengan ibu mereka, hari ini tidak semenyenangkan itu. Sangat wajar bagi mereka untuk merasakan emosi yang tidak menyenangkan  seperti rasa hampa serta putus asa. 

Memang tidak mudah untuk dapat menerima perasaan-perasaan tersebut. Berikut Alpas berikan beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara untuk menghadapi hari ibu tanpa kehadiran ibu. Yuk, simak! 

Jangan menahan kesedihan atau berusaha melupakan kenangan yang ada

Terkadang, seseorang akan mencoba menghindari perasaan tidak menyenangkan karena takut terjebak pada perasaan itu selamanya. Padahal, hal tersebut sangat wajar dirasakan, asal jangan berlarut-larut didalamnya. Alpas Fellas perlu ingat bahwa sama seperti perasaan menyenangkan, perasaan duka pun akan berlalu pada akhirnya. 

Merencanakan bagaimana kita akan menghabiskan waktu

Alpas Fellas bisa mengantisipasi hari ibu dengan merencanakan hal-hal yang ingin dilakukan. Cara ini dilakukan untuk mendistraksi Alpas Fellas sementara dan membuat hari Alpas Fellas lebih teratur dan tenang.

Jauhi hal-hal yang sekiranya bisa membuatmu terluka

Hindari melihat medsos atau datang ke tempat yang sedang merayakan hari ibu. Jika kamu belum sepenuhnya pulih dan kuat untuk meghadapinya, kamu boleh menghindarinya sementara sambil menenangkan diri.

Membuat tradisi baru untuk mengingat orang tersayang

Menjaga ingatan orang yang dicintai tetap hidup adalah salah satu cara terbaik untuk belajar bagaimana mengatasi kehilangan yang signifikan. Sal Raichbach, PsyD, LCSW, seorang ahli dari Ambrosia Treatment Center memberikan beberapa opsi kegiatan yang bisa dilakukan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa sinar matahari dan udara yang segar akan meningkatkan mood seseorang. Jadi, berjalan-jalan, mengunjungi pantai, atau mendaki gunung merupakan hal-hal yang direkomendasikan untuk dilakukan.

Alpas Fellas, tidak dapat bersama-sama dengan orang yang kita sayangi memang bukan merupakan sesuatu yang mudah. Tapi fase ini pasti dapat dilalui dengan kesabaran. But if you ever feel like the grief is too much to bear, please don’t hesitate to share it to your loved ones!

Selamat hari ibu untuk semua ibu, calon ibu, dan semua perempuan hebat yang penuh kasih sayang selain ibu!

 

Penulis: Alya Salsabiila

Sumber:

Amatenstein, S. (2019, April 30). 5 Tips for Coping with The Loss of a Mother This Mother’s Day. Retrieved December 20, 2019, from https://www.psycom.net/coping-with-the-loss-of-a-mother

Speaker, J. (2019, May 26). How to Cope on Mother’s Day or Father’s Day When You’ve Lost a Parent. Retrieved December 20, 2019, from https://better.net/life/family/how-cope-help-grieving-friend-mothers-day-fathers-day-after-loss-of-a-parent/ 

Write a comment