Kenali Mana yang Lebih Berempati, Perempuan atau Laki-Laki?

Alpas Fellas pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah penuh makna; empati. Ya, empati adalah kemampuan memahami perasaan orang lain secara langsung yang tentu dimiliki setiap orang. Namun, tahukah Fellas bahwa berbagai penelitian menemukan adanya perbedaan empati pada laki-laki dan perempuan? Ada yang menganggap bahwa perempuan memiliki tingkat empati lebih tinggi karena sering dikaitkan dengan kecenderungan menangis, lebih sensitif, dan perasa.

Benenson dari Universitas Quebec melakukan sebuah penelitian untuk membandingkan empati antara anak-anak perempuan dan laki-laki. Penelitian tersebut menjabarkan bagaimana respon yang terjadi pada anak saat ada yang menjatuhkan benda. Ternyata perilaku empati lebih ditunjukkan oleh anak perempuan. Hal ini dibuktikan dengan lebih banyaknya jumlah anak perempuan yang memenuhi indikator empati. Mereka memandangi dan mengambil benda yang dijatuhkan kemudian mengembalikannya kepada orang lain sebelum melanjutkan aktivitasnya.

Perbedaan kerja otak antara laki-laki dan perempuan

Disebutkan bahwa ketika berempati dengan seseorang, otak akan meniru apa yang dirasakan individu tersebut. Wilayah otak yang disebut insula akan membaca pola serta memberi tahu kita apa perasaan tersebut. Namun, pada laki-laki, perasaan yang muncul mudah dialihkan ke area otak lain yang fungsinya memecahkan masalah. Berbeda dengan otak perempuan yang cenderung mempertahankan perasaannya.

Gaya kognitif yang berbeda antara laki-laki dan perempuan

Tahukah Fellas, terdapat perbedaan yang diwariskan antara gaya kognitif perempuan dan laki-laki seperti cara berpikir, memahami, dan mengingat informasi. Bayi perempuan lebih fokus pada rangsangan sosial seperti wajah dan suara manusia. Sedangkan bayi laki-laki lebih memperhatikan rangsangan spasial non-sosial seperti gerakan benda yang tergantung di atas tempat tidurnya. Seiring berkembangnya pertumbuhan bayi, mereka akan mengembangkan sifat-sifat awal ini dengan cara yang makin kompleks. Lalu, benar nggak ya perempuan lebih berempati dibanding laki-laki?

Sebagian besar penelitian memang telah menemukan bahwa perempuan lebih berempati daripada laki-laki. Akan tetapi, hal ini tidak dapat disamaratakan begitu saja, Fellas. Pada penelitian Joyce F. Benenson sendiri, anak laki-laki ternyata juga menunjukkan perilaku empati seperti menghentikan aktivitas walaupun belum memenuhi seluruh indikator empati. Pada beberapa kondisi, laki-laki bisa sama baiknya atau bahkan lebih baik dengan perempuan dalam hal empati. Begitu pula dengan perempuan, ada kemungkinan sama baiknya atau bahkan lebih unggul dengan laki-laki dalam hal tertentu.

Alpas Fellas, sebagian besar penelitian memang mengatakan bahwa kebanyakan perempuan memiliki empati lebih tinggi daripada laki-laki. Tetapi sekali lagi, hal ini tidak bisa digeneralisir begitu saja, karena keduanya pasti memiliki rasa empati dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua ya, Fellas!

 

Ditulis oleh: Indah Tri Amanda CK

Diedit oleh: Fathin Nibras

Sumber:

Goleman, D. (2011, April 29). Are Women More Emotionally Intelligent Than Men? Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-brain-and-emotional-intelligence/201104/are-women-more-emotionally-intelligent-men

Margalit, L. (2015, July 17). Men Systemize. Women Empathize. Psychology Today.  https://www.psychologytoday.com/us/blog/behind-online-behavior/201507/men-systemize-women-empathize

Schmitt, D. (2016, March 10). Are Men More Helpful, Altruistic, or Chivalrous Than Women? Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/sexual-personalities/201603/are-men-more-helpful-altruistic-or-chivalrous-women

Young, E. (2021, May 19). Do Girls Really Show More Empathy Than Boys? The British Psychological Society. https://digest.bps.org.uk/2021/05/19/do-girls-really-show-more-empathy-than-boys/

Write a comment