5 Cara Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Zaman yang serba canggih memudahkan masyarakat untuk terhubung dengan yang lain tanpa harus bertemu secara langsung lewat tatap muka. Media sosial menjadi ruang untuk manusia berinteraksi dan mengetahui aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan. Orang-orang biasa membagikan cerita atau foto keseruan traveling, kebahagiaan keluarga, pencapaian dalam pekerjaan, barang mewah atau baru, dan lainnya. Ternyata hal tersebut dapat memicu individu untuk membandingkan dirinya dengan individu lain. Manusia cenderung merasa iri dan menginginkan apa yang orang lain dapatkan. Tentu masalahnya bukan pada siapa yang membagikan dan apa yang diunggah, tetapi pandangan kita terhadap itu. Bagaimana, ya, cara untuk berhenti membandingkan diri? Alpas punya lima tips untuk membantumu dalam mengatasinya.

Sadari dan hindari pemicunya

Perhatikan keadaan yang membuatmu merasa iri atau membandingkan diri. Sadari siapa dan apa yang memicunya. Lalu, pikirkan bagaimana dan mengapa hal tersebut mempengaruhi secara negatif. Tuliskan hal-hal tersebut dan berusahalah untuk menghindarinya.

Ingatkan dirimu terus-menerus

Apa yang ada di media sosial belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Manusia cenderung memperlihatkan hal-hal yang baik daripada hal yang buruk dalam hidupnya. Oleh karena itu, kita tidak bisa menilai orang lain sebatas apa yang terlihat atau terpikirkan. Jika rasa iri mulai muncul, ingatkan kepada diri bahwa kamu tidak mengetahui apa yang terjadi dibalik itu semua.

Syukuri kebaikan dalam hidupmu

Banyak manusia tidak menyadari bahwa ada banyak kebaikan di hidupnya. Bersyukurlah atas apa yang dimiliki agar hidupmu terasa cukup. Ketika merasa cukup, rasa iri pada dirimu akan memudar.

Tanamkan pada diri bahwa uang tidak membeli kebahagiaan

Banyak dari kita menyangka bahwa kekayaan dapat memunculkan kebahagiaan. Padahal, uang dan barang hanya memberikan kesenangan yang sifatnya sementara. Kebahagiaan dapat timbul saat kita mempersepsikan sesuatu secara positif. Jadi, cobalah untuk melihat suatu hal secara positif agar merasa bahagia.

Jadikan perbandingan sebagai motivasi

Membandingkan diri sebenarnya tidak selalu buruk, lho. Perilaku tersebut dapat menjadi positif apabila mendorong kita ke arah yang baik. Contohnya, saat melihat orang yang menebarkan kebaikan dan manfaat bagi orang-orang di sekelilingnya, kamu tergerak untuk melakukannya juga. Jadikan perbandingan sebagai motivasi untuk menjadi versi terbaik dari dirimu, ya.

Nah itulah lima cara yang dapat dicoba untuk mengatasi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Ketahuilah bahwa kita tidak bisa mengendalikan orang lain tetapi kita bisa mengendalikan diri sendiri. Maka dari itu, berusahalah untuk mengontrol dirimu ketika melihat kehidupan orang lain. Semoga tips di atas dapat membantumu ya, Fellas!

 

Ditulis oleh: Asyfira Noerkhailifa Asya

Diedit oleh: Fathin Nibras

 

Sumber:

Haas, S. B. (2018, March 5). How to Stop Comparing Yourself to Others. Retrieved from: https://www.psychologytoday.com/us/blog/prescriptions-life/201803/how-stop-comparing-yourself-others

Write a comment