Bagaimana Cara Berempati Kepada Orang Lain?

Sebenarnya tidak susah untuk mulai berempati kepada orang lain. Memahami perasaan temanmu saat terlihat sedih, kebingungan, atau merasa sendiri karena tidak ada yang mampu memahami. Adakah diantara kamu yang kebingungan harus berbuat apa untuk temanmu yang sedang membutuhkanmu? Berikut ada tips yang bisa kamu terapkan untuk keseharianmu.

Pertama, jadilah pendengar yang aktif.

Bagi sebagian orang, mendengarkan bisa jadi pekerjaan yang cukup rumit karena besarnya keinginan untuk didengarkan orang lain. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba, kan? Perhatikan dengan fokus saat temanmu bercerita. Jangan lupa beri respon yang baik agar temanmu merasa dihargai.

Lalu, belajarlah untuk tidak berprasangka buruk ketika temanmu bercerita.

Pikiran manusia rentan untuk berprasangka macam-macam. Mencoba untuk tidak menilai baik atau buruknya seseorang akan jadi pilihan yang bijak. Karena saat seseorang memutuskan untuk bercerita kepadamu, artinya ia percaya bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Ketiga, tumbuhkan rasa ingin tahu penyebab suatu kejadian.

Saat bertanya mengenai penyebab suatu kejadian, tandanya kamu menunjukkan minat pada suatu obrolan. Mencari tahu penyebabnya bersama dengan temanmu mungkin akan membantu dia untuk menemukan titik terang dari keluhan yang ia miliki. Kamu pun akan lebih memahami penyebab dari suatu permasalahan dan bisa lebih berempati kepada orang lain

Keempat, coba bayangkan dirimu berada di posisi orang lain.

Cobalah melihat kejadian dari sudut pandang orang lain. Kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama temanmu untuk tahu bagaimana kehidupan dan lingkungan yang selama ini ia hadapi. Bagaimana perasaanmu? Apa yang nanti akan kamu lakukan jika itu terjadi padamu?

Terakhir, ungkapkan perasaan atau pendapat kepada temanmu.

Salah satu cara terbaik untuk membuat orang lain percaya padamu adalah dengan mengungkapkan perasaan yang kamu miliki kepada orang lain. Dengan begitu, seseorang akan menjadi percaya bahwa kamu memang benar peduli dan berempati kepadanya. Tentunya kamu harus menggunakan kalimat yang positif dan baik saat mengungkapkannya. Jangan sampai kamu malah menyakiti perasaan orang lain.

Dengan begitu, rasa empati yang kamu miliki akan semakin bertambah. Selamat mencoba. 🙂

 

Sumber:

Deutschendorf, H. (2014). 5 ways to increase your own empathy. Ditemu kembali: https://www.fastcompany.com/3039710/5-ways-to-increase-your-own-empathy

Donnelly, S. (2018). The many faces of empathy. Ditemu kembali: https://psychcentral.com/blog/the-many-faces-of-empathy/

Write a comment