5 Tips Kendalikan Emosi Diri Sendiri, Bukan Sebaliknya

Fellas, seberapa sering kamu memiliki suasana hati yang buruk? Atau merasa kewalahan karena tidak bisa mengendalikan emosimu? Mungkin kamu bangun pagi dengan mood buruk, tapi bukan berarti kamu harus merasa seperti itu sepanjang hari. Mungkin juga kamu merasa cemas, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menenangkan diri sendiri.

Nah, untuk mengendalikan emosi yang kadang memburuk, kita bisa coba melakukan regulasi emosi. Regulasi emosi adalah tentang memilih untuk mengendalikan perasaan kita. Tapi, bukan berarti kita harus memaksakan diri untuk bahagia sepanjang waktu, ya. Faktanya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa memaksa diri untuk merasa bahagia sepanjang waktu malah bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Namun, kita bisa membuat pilihan untuk meningkatkan suasana hati saat sedih atau menenangkan diri ketika kesal.

Lalu, bagaimana caranya meregulasi emosi? Berikut 5 cara yang bisa kita terapkan:

Cari distraksi untuk diri sendiri

Saat emosi sedang buruk, kita cenderung terus memikirkan perasaan tersebut. Nah, daripada mengulang hal-hal jahat yang dikatakan pasangan, atau mungkin mengkhawatirkan meeting besok yang membuat stres, alihkan perhatian dengan suatu aktivitas. Contohnya seperti mendengarkan musik atau jalan keliling lingkungan rumah. Contoh lainnya, ketika sedang gugup menunggu giliran di dokter gigi, Fellas bisa mengalihkan perhatian dengan membaca majalah atau chatting tentang topik yang tidak terkait.

Ubah cara pandang

Mengubah cara kita memandang suatu situasi dapat membantu mengubah perasaan buruk, lho. Contohnya, mengingatkan diri bahwa pertanyaan menjengkelkan dari rekan kerja berasal dari keinginannya untuk melakukan yang terbaik. Penelitian menunjukkan bahwa mengubah cara kita berpikir tentang suatu situasi bisa mengubah respons fisiologis tubuh kita. Jadi, jantung kita akan cenderung tidak berdetak begitu cepat saat sedang marah, dan telapak tangan kita mungkin tidak banyak berkeringat saat kita gugup. 

Tertawa

Tertawa juga bisa menciptakan perubahan di otak kita dan memberikan dorongan positif pada suasana hati dengan segera. Selera humor yang baik telah dikaitkan dengan segala hal, mulai dari peningkatan kesehatan fisik hingga kehidupan sosial yang lebih baik. 

Jarak temporal

Coba pikirkan masa kini dari diri kita di masa depan. Hal-hal yang membuat kita merasa takut atau cemas saat ini mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah di masa depan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mendapatkan perspektif yang tepat bisa membantu kita untuk tetap tenang, bahkan dalam situasi sulit.

Ubah lingkungan

Contohnya seperti berganti pekerjaan atau pindah ke kota lain. Namun, perubahan tidak harus selalu drastis ya, Fellas! Hal sederhana seperti pindah duduk di sebelah rekan kerja yang positif atau memilih berjalan-jalan saat istirahat makan siang bisa membuat perasaan kita menjadi lebih baik.

 

Ditulis oleh: Raihani Haurannisa

Diedit oleh: Qurrota Aini

Sumber: Morin, A. (2016, March 29). 5 Simple Ways to Turn Around a Bad Mood Fast. Retrieved from: https://www.inc.com/amy-morin/5-simple-ways-to-turn-around-a-bad-mood-fast.html 

Write a comment